11 Fakta Unik Pluto yang Wajib kamu ketahui

Alfido.com | Science – Hai gan.. Hari ini Pluto bener-bener jadi Trending Topic dunia. Penampakan wujud Pluto akhirnya bisa terekam dari kamera pesawat New Horizon milik NASA. Tapi, ada 10 hal menarik dari Pluto yang wajib kamu ketahui 🙂

image

1. Pluto letaknya dimana sih?

Untuk generasi remaja jaman sekarang mungkin agak ngerasa aneh mendengar Pluto karena Planet Kerdil tersebut tidak dimasukkan dalam tata surya kita lagi. Tapi dimana letak Pluto sebenarnya?

Pluto terletak sekitar 5,8 miliar kilometer dari Matahari. Si Planet Kerdil itu bersemayam di Sabuk Kuiper. Sabuk Kuiper atau Kuiper Belt adalah area yang melampaui Neptunus di mana ribuan objek kecil dan dingin mengorbit.

2. Yang nemuin Pluto siapa? Kan jauh banget

Pluto sebenarnya bernama Planet X ketika ditemukan oleh Percival Lowell. Lowell merupakan orang yang mendirikan Lowell Observatory di Flagstaff, Arizona, Amerika.

Tapi sayangnya Percival Lowell meninggal di tahun 1916 dan penelitian Planet X (Pluto) saat itu dihentikan. Dan akhirnya seorang Astronom muda bernama Clyde Tombaugh melanjutkan penelitian Planet X dan Pluto akhirnya berhasil ditemukan di tanggal 18 Februari 1930.

3. Lalu siapa sih yang kasih nama “Pluto”

Ternyata nama “Pluto” diberikan oleh seorang gadis kecil bernama Venetia Burney asal Oxford, Inggris. Gadis tersebut sayangnya telah meninggal di usia 91 tahun di tahun 2009 lalu 🙂

4. Berapa ukuran Si Kecil Pluto?

Pluto mendapat julukan Planet Kerdil karena ukurannya yang super kecil daripada Planet lainnya. Tapi misi New Horizon dari NASA berhasil membuka rahasia Pluto selama ini. Planet kerdil tersebut ternyata mempunyai ukuran diameter 1.473 mil atau sekitar 2.370 kilometer.

Ukuran tersebut lebih besar dari perkiraan Ilmuwan Astronomi selama ini. Tapi ukuran tersebut masih saja kecil atau hanya selebar luas negara Amerika.

5. Pluto juga punya bulan nggak?

image
Foto: Pluto (Kanan) dan Charon (Kiri)

Ternyata Pluto juga mempunyai bulan yang jumlahnya ada 5 lebih banyak daripada bumi. Mereka bernama Charon, Nix, Hydra, Kerberos, dan Styx. Untuk bulan terbesar bernama Charon dan ukurannya hampir sebesar si Pluto sendiri.

6. Di Pluto Anget atau Dingin sih?

Jawabannya.. Dingin Banget gan.. Suhu di Pluto mencapai -190° hingga -204°. Bahkan area Pluto yang banyak bebatuan esnya diperkirakan bisa mencapai -230°C cukup banget buat bikin kita jadi Es Batu.

7. Pluto punya Gravitasi nggak ya?

Jawabnya, Punya.. tapi dikit. Jadi ketika seseorang berbobot 45 Kg berjalan-jalan di Pluto beratnya bakalan turun jadi 3,5 Kg aja.. Hmm 😀 ringan banget..

8. Pluto warnanya Biru atau Merah?

Tadi sore misi New Horizon milik NASA berhasil memotret warna asli Pluto yang berwarna merah seperti Planet Mars. Berbeda banget dengan prediksi ilmuwan yang mengira Pluto berwarna kelabu karena jauh dari Matahari.

9. Pluto bisa nggak diliat pake mata kita?

Bisa banget.. Pluto tentunya bisa diliat dengan mata kita tapi wajib menggunakan teleskop jarak jauh yang bagus dan bisa mencapai jarak Pluto.

10. Pluto Bukan Planet? Benarkah?

Ketika ditemukan Tombaugh, Pluto resmi dideklarasikan sebagai Planet ke-9 di Tata Surya kita.

Namun di tahun 2006 sebuah asosiasi International Astronomy Union (IAU) melakukan klasifikasi benda angkasa mana yang bisa disebut Planet dan mana yang bukan Planet.

Dan sejak saat itu Pluto dikategorikan sebagai “Dwarf Planet” atau Planet Kerdil. Total ada beberapa Planet Kerdil yang masuk data IAU diantaranya Pluto, Ceres, Eris, Makemake, dan Haumea.

Tapi dalam misi New Horizon kali ini NASA ingin mendapatkan data sebenarnya dari Pluto dan kemungkinan besar bisa membawa Pluto kembali sebagai Planet ke-9 tata surya kita.

11. Ada “Cinta” di Pluto

Seperti yang kita udah bahas di artikel sebelumnya, ternyata ada sebuah logo berbentuk “Hati” atau “Cinta” di badan Pluto. Gambar tersebut terekspos setelah NASA merilis gambar resmi Pluto..

image

Wow.. Keren..

🙂