5 Pelajaran yang bisa diambil dari Penculikan Sintya di Mall PGC

Alfido.com | News – Hai gan.. Penculikan Sintya Hermawan si gadis cilik berusia 6 tahun di Mall PGC (Pusat Grosir Cililitan) membuat heboh banyak orang. Pasalnya penculikan itu terekam jelas di kamera CCTV Mall tersebut.


Tapi sayangnya pelaku penculik Sintya hingga sekarang belum juga ditemukan oleh pihak kepolisian setempat. Namun ada 5 hal pelajaran hidup yang bisa diambil dari kasus penculikan Sintya tersebut:

image

1. Awasi Selalu Anak Kita

Di dunia modern seperti ini, anak kecil bisa jadi incaran utama para pelaku kriminal di perkotaan. Pelaku biasanya menjual, memperkosa, atau memperkejakan anak kecil tersebut demi mendapatkan rupiah.

Sebagai orang tua kita wajib mengawasi gerak-gerik anak kita dimanapun berada termasuk di mall yang ramai pengunjung. Karena kejahatan muncul karena adanya kesempatan seperti kata Bang Napi.

2. CCTV di Mall PGC harusnya Real-Time

Ada keanehan tersendiri dibalik terekamnya pelaku penculikan Sintya di CCTV. Walaupun penculikan terlihat jelas via Camera tersebut, namun aksi pelaku ketika menculik sama sekali tidak terlihat.

Harusnya ada penjaga yang selalu mengawasi CCTV jika ada kejadian yang janggal. Jika CCTV hanya bersifat merekam gambar yang terjadi tanpa pengawasan sekuriti, tentunya menangkap para penculik ketika beraksi akan semakin sulit.

3. Pelaku Penculikan anak Terlihat Rapi & Profesional

Jika kita teliti melihat gambar penculikan Sintya, kita bisa melihat ketenangan pelaku saat menculik anak berusia 6 tahun tersebut tanpa ketahuan sang ibu yang disaat yang sama sedang menjaga toko.

image

Penculik terlihat sudah terbiasa atau mahir dalam melakukan aksinya sehingga dapat dengan mudah membawa pergi Sintya dari Mall PGC. Maka dari itu jangan sampai kita melemahkan pandangan kita dari anak-anak kita sendiri dimanapun berada.

4. Ajari anak agar tidak berbicara dengan orang asing

Jika kita hidup di perkotaan, hendaknya anak kita juga diajari cara menghadapi orang asing yang mencurigakan agar kejadian “penculikan sintya” tidak terjadi lagi.

Biasanya anak kecil lebih mudah terpengaruh dengan orang asing karena mereka kira orang asing tersebut merupakan teman orang tua mereka. Jangan sampai anak kita tiba-tiba dibawa oleh orang lain dengan enaknya tanpa kita sadari.

5. Usahakan anak kita selalu berada didekat kita saat dia bermain

Ketika di Mall yang ramai, anak-anak seringkali kehilangan konsentrasi dan berlarian kesana kemari karena selalu ingin bermain. Walaupun begitu, sebagai orang tua kita harus tetap mengawasi sang anak dan menganjurkan kepada dia agar tidak jauh-jauh dari kita berdiri.

Usahakan agar anak kita tetap berada 1 meter di sekeliling kita dan selalu kita awasi. Jangan sampai kita hanya terpaku pada Smartphone atau teman ngerumpi sehingga anak-anak terhindar dari pengawasan.

Semoga pelajaran hidup diatas bisa kita telaah dan ambil maknanya.. Dan semoga Sintya Hermawan segera ditemukan dan penculiknya segera ditangkap.. Amin

🙂