Mantap, Rupiah kembali melemah menjadi Rp 13.539 per US Dollar

Alfido.com | Finance  – Hai gan.. Rupiah akhirnya kembali anjlok lagi ke level terendahnya sejak tahun 1998. Di Hari Jum’at 31 Juli 2015 Rupiah menyentuh level Rp 13.539/US Dollar dan diprediksi akan terus melemah.


Nah, seperti yang terjadi tiap bulan, setiap Rupiah melemah selalu muncul “Kambing Hitam” baru. Dan siapa Kambing Hitam yang ditunjuk Pemerintah kali ini?

image

Ternyata “The FED” ditunjuk sebagai Kambing Hitam penyebab menurunnya Nilai Tukar Rupiah. Penguatan ekonomi amerika sebesar 2,3% membuat Rupiah semakin tertindas Anjlok dibawah Dollar.

Berikut pernyataan Bank Indonesia dikutip dari Kompas:

“Kondisi (rupiah) yang sekarang ini kalaupun sedikit lemah karena penguatan dollar AS karena kemungkinan Fed fund rate (suku bunga acuan AS) meningkat,” ujar Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo di Jakarta, Jumat (31/7/2015).

Meningkatnya suku bunga acuan Amerika berdampak melemahnya nilai tukar Rupiah. Jika dibiarkan terus tentunya Rupiah akan kembali menyentuh Rekor Rp 15.000/US Dollar suatu saat nanti. Dan tentunya bakalan banyak Bank yang akan skakmat alias kejang-kejang karena harus membayar hutang Valas.

Untuk mengantisipasi Krisis Moneter terulang lagi, hendaknya kita jangan menyimpan uang di Bank terlebih dahulu kecuali sangat terpaksa.

Kenapa? Karena Bank-Bank saat ini juga merasakan dampak yang cukup berat. Uang kertas yang ada di Bank mayoritas lebih sedikit daripada total rekening Nasabah yang ada.

Daripada kita nantinya nggak bisa ambil uang lagi di Bank, yuk simpan dulu uang kita dengan cara tradisional 🙂