Nih, 3 Fakta Rahasia “Blue Moon” yang Wajib Kamu Ketahui

Alfido.com | Science – Hai gan.. Besok tanggal 1 Agustus 2015 (31 Juli 2015 – Waktu America) akan terjadi fenomena Blue Moon atau Bulan Purnama Biru yang akan terlihat jelas oleh mata telanjang kita. Tapi ada 3 fakta rahasia Blue Moon yang belum diketahui semua orang. Apa itu? 🙂

image

1. Blue Moon TIDAK Berwarna Biru

Walaupun bernama ‘Blue Moon’, namun Bulan Purnama tersebut tidak berwarna biru melainkan berwarna abu-abu bulan seperti yang kita lihat sehari-hari. Kadang warnanya juga lebih cenderung menjadi merah darah saat terlihat di malam hari.

2. Tahun 1883, “Blue Moon” atau Bulan Purnama Biru yang ASLI Terlihat di Indonesia

Lho, katanya tadi Blue Moon warnanya bukan biru… Yap, itu 100% benar. Tapi di tahun 1883, Blue Moon yang asli atau Bulan Purnama berwarna biru memang terlihat di Indonesia setelah terjadinya ledakan Gunung Krakatau yang kekuatannya mencapai 100 Megaton Bom Atom.

Bulu Abu Vulkanik Gunung Krakatu menyebar naik hingga ke atmosfir sehingga membuat siapapun yang melihat Bulan Purnama saat itu terlihat jelas berwarna BIRU. Dengan kata lain, Abu Vulkanik tersebut menjadi “Filter” (kayak di Instagram) untuk melihat Bulan Purnama dari jauh.

3. Kehadiran Blue Moon sering Tidak Kita Sadari

Fenomena Blue Moon sebenarnya merupakan kejadian alam yang sering banget terjadi namun kadang luput kita sadari. Pengertian Blue Moon sendiri berasal dari istilah ‘Bulan Purnama ke 3 dari 4 Bulan Pertama’ atau juga ‘Bulan Purnama ke 2 dari 2 Bulan Pertama’ dalam satu tahun.

Lalu kapan terjadinya Blue Moon?

Ada 4 musim waktu terjadinya Blue Moon yaitu:

Musim Semi: Maret hingga Juni
Musin Panas: Juni hingga September
Musim Gugur: September hingga Desember
Musim Dingin: Musim Desember hingga  Maret

Buat yang penasaran pengen liat Blue Moon, kita pantengin malem ini dan besok malam. Jangan lupa bawa kamera buat memotret kecantikan Blue Moon ya gan.. 🙂