Nih, Peraturan Offside Terbaru di Premier League (Liga Inggris) musim 2015/2016

Alfido.com | Bola – Hai gan.. Premier League atau Liga Inggris bakal punya peraturan Offside terbaru di musim 2015-2016 yang akan dimulai 4 hari lagi. Peraturan tersebut cukup menyulitkan para pemain yang kerap memakai trik offside saat menyerang lawan.


Kalo musim lalu banyak banget gol offside dan semi-offside yang langsung disahkan wasit menjadi gol, kayaknya musim depan banyak yang bakalan gigit jari atas Peraturan Offside Terbaru kali ini.

Berikut deskripsinya dikutip dari fanspage United Army:

image

Peraturan offside baru yang akan mulai diterapkan musim 2015/16.

Intinya pemain sudah dapat dikatakan offside apabila secara jelas memberi dampak pada kemampuan lawan memainkan bola.

Contohnya jika kalian ingat, gol tendangan bebas Juan Mata yang terlihat mengenai kepala Marcos Rojo yang sudah berada dalam posisi offside tapi wasit tetap mengesahkannya karena tidak mengenai kepala Rojo. Musim ini jika terjadi seperti itu lagi gol tidak akan disahkan. Mengapa? Pertama Rojo sudah berada dalam posisi offside, kedua Rojo sangat hampir dapat menyentuh bola dan hal tersebut mempengaruhi atau berdampak pada kiper untuk bereaksi terhadap bola, kecuali bola jaraknya masih cukup jauh dari jangkauan kepala Rojo meski ia berada dalam posisi offside itu akan tetap gol.

Lalu, apabila ada seorang pemain yang sedang dalam posisi offside diberi umpan dan ia membiarkan saja bola tersebut seperti biasa, namun saat bola diambil lawan pemain tersebut langsung mengejar lawan tersebut yang menyebabkan adanya tekanan yang secara jelas mengganggu lawan memainkan bola maka pemain tersebut langsung dinyatakan offside.

Contoh lain, seperti situasi sebelumnya pemain dalam posisi offside diberikan umpan dan dia berhenti untik membiarkan bola lewat dan kali ini diambil rekannya yang berlari dari belakang, lalu rekannya menggiring bola ke depan dan berhasil mencetak gol maka itu tidak offside, namun apabila rekannya mengembalikan bola ke pemain yang sebelumnya berada dalam posisi offside dan gol maka gol tidak sah karena pemain tersebut berlari dari posisi offside.

Gimana gan? Cukup mengerti atau malah pusing?

Nah, buat kalian yang masih pusing kita tunggu aja Liga Inggris 2015-2016 nanti mulai. Pasti banyak yang bakalan kena peraturan offside terbaru nantinya. 🙂