Selamat Hari Pramuka ke-54, Yuk intip secuil sejarah Pramuka di Indonesia

Alfido.com | Hai gan.. Hari ini 14 Agustus 2015 kita secara resmi merayakan Hari Pramuka Nasional yang secara serentak dirayakan di seluruh Indonesia. Kalian dari SD hingga SMA/SMK pasti telah diajari ber-Pramuka ria. Tapi, kayak gimana sih sejarah Pramuka? 🙂

Berikut secuil sejarah Pramuka yang dikutip langsung dari Wikipedia:

image

Gerakan Pramuka atau Kepanduan di Indonesia telah dimulai sejak tahun 1923 yang ditandai dengan didirikannya (Belanda) Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) di Bandung. Sedangkan pada tahun yang sama, di Jakarta didirikan (Belanda) Jong Indonesische Padvinderij Organisatie (JIPO).

Kedua organisasi cikal bakal kepanduan di Indonesia ini meleburkan diri menjadi satu, bernama (Belanda) Indonesische Nationale Padvinderij Organisatie (INPO) di Bandung pada tahun 1926. Pendirian gerakan ini pada tanggal 14 Agustus 1961 sedikit-banyak diilhami oleh Komsomol di Uni Soviet.

Organisasi Kepanduan Indonesia di seputaran tahun 1920-an.
Pada tanggal 26 Oktober 2010, Dewan Perwakilan Rakyat mengabsahkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Berdasarkan UU ini, maka Pramuka bukan lagi satu-satunya organisasi yang boleh menyelenggarakan pendidikan kepramukaan. Organisasi profesi juga diperbolehkan untuk menyelenggarakan kegiatan kepramukaan.

Saat ini mayoritas sekolah di tanah air kita mewajibkan pelajaran Pramuka sebagai extrakurikuler pertama. Semua kelas 1 wajib mengikuti kegiatan tersebut tanpa terkecuali. Sedangkan untuk kelas 2 dan 3 biasanya banyak yang ikut menjadi Bantara dan Kakak Pembina.

image

Buat kita semuanya yang ada di Indonesia, Selamat Hari Pramuka.. Ayo kita Tepuk Pramuka..

Prok.. Prok.. Prok..
Prok.. Prok.. Prok..
Prok, Prok, Prok, Prok,
Prok.. Prok..

🙂