Nih, Cara Bayar Pajak Sepeda Motor di Kantor Samsat

Cara Bayar Pajak Sepeda Motor

Alfido.com | Oto – Hai gan.. Udah lama kita nggak ngebahas dunia otomotif. Kali ini Alfido.com akan membahas tentang tata cara membayar pajak motor di Samsat termasuk dengan syarat-syaratnya. Caranya ternyata gampang banget kok.. 🙂

Kemarin tanggal 25 Agustus 2015 Alfido.com melakukan pembayaran pajak tahunan buat Motor Spacy keluaran tahun 2011. Karena lokasi admin berada di Kendal, Jawa Tengah maka pembayaran dilakukan di Samsat Kendal.

Sebenernya sih ada Samsat keliling di deket rumah tapi sayangnya alamat STNK sama KTP udah beda jadi wajib di Samsat Pusat 🙂

Cara Bayar Pajak Sepeda Motor

Nah, berikut tata cara bayar pajak motor tahunan di Kantor Samsat yang berhasil didokumentasikan Alfido.com:

1. Fotokopi KTP, STNK, dan BPKB + Beli Stopmap

 

Untuk tarif Fotokopi KTP+STNK+BPKB dihargai Rp 1.000, Stopmap dihargai Rp 1.000, dan Plastik dihargai Rp 1.000. (Total: Rp 3.000)

2. Lalu kita pergi ke Loket Informasi di sebelahnya.

 

Di Loket Informasi nantinya data kita akan dicatat dan kita aka  diberi Plastik pembungkus STNK. Setelah itu kita masuk ke dalam Kantor Samsat untuk mengantri.

3. Mengantri di dalam Loket Kantor Samsat

 

 

Nah, disini kita kasih semua berkas (Stopmap berisi Fotokopi KTP, STNK, dan BPKB plus aslinya) Jika data alamat STNK dan KTP berbeda maka KTP bisa diganti dengan SIM yang alamatnya sama. Nama kita juga akan muncul dalam layar LCD di Kantor Samsat.

Catatan: Dalam draft cetak STNK yang diterima Alfido.com, terlihat denda Sanksi ADM senilai Rp. 35.000,- karena telah mengalami telat pembayaran 22 Hari. Padahal sekarang masih bulan Agustus. Entah apakah ini aturan baru dari Samsat atau yang lain, admin belum mengetahuinya 🙁

4. Bayar Biaya Pajak STNK

 

 

Langkah selanjutnya kita menunggu panggilan untuk pembayaran STNK. Setelah kita dipanggil, kita wajib menyerahkan draft sementara STNK, Nomer Antrian, dan biaya yang harus dibayarkan. Kebetulan Alfido.com harus membayar pajak motor tahunan senilai Rp 220.000 untuk biaya pajak STNK Motor Spacy di tahun 2015 ini.

Setelah berhasil membayar, kita akan diberi STNK 1 lembar yang telah ditulis daftar rincian biaya kita. Tapi hanya selembar STNK saja, jadi masih harus menunggu pengambilan lembar STNK lagi. (STNK terdiri dari 2 lembar, depan dan belakang)

5. Mengambil STNK dan KTP/SIM

 

Terakhir, kita melakukan pengambilan lembar STNK yang satunya lagi sekaligus mengambil KTP / SIM yang sebelumnya dibawa petugas Samsat. Semuanya akan ditaruh dalam satu Stopmap oleh si petugas.

Dan jangan lupa juga 2 Lembar STNK yang kita terima harus langsung dimasukkan ke dalam plastik yang kita terima tadi. Trus kita amankan STNK tadi ke dalam dompet kita.

Selesai.. 🙂

Berikut rincian biayanya:

• Biaya Fotokopi KTP, STNK, & BPKB: Rp 1.000
• Biaya Stopmap + Plastik: Rp 2.000
• Biaya Pembayaran Pajak STNK: Rp 220.000 (Pajak Pokok Rp 185.000 + Sanksi ADM Rp 35.000)
• Biaya Parkir: Rp 1.000

# Jadi Total Biayanya: Rp 224.000

Untuk pembayaran Pajak Tahunan Motor di semua Samsat mayoritas sama. Jangan pernah memakai Calo untuk mengurusi hal-hal sepele seperti ini ya gan.. Sebenernya gampang kok kalo kita mau berusaha.. 🙂

Semoga bermanfaat..

Advertisements