Jadi Kepala Staf Presiden, Ternyata Teten Masduki orang PDI-P dan Tim Sukses Jokowi, ini Profilnya..

Alfido.com | News – Hai gan.. Pagi ini nama Teten Masduki mencuat menjadi trending topic di Indonesia. Teten yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Indonesian Corruption Watch (ICW) tiba-tiba diangkat oleh Joko sebagai Kepala Staf Presiden.


Dilansir dari Wikipedia, ternyata Teten Masduki merupakan salah satu orang PDI-P dan Tim Sukses Jokowi termasuk di Pilpres 2014 lalu. Nama Teten mungkin tidak setenar nama-nama lainnya, tapi sepak terjangnya di Partai PDI-P cukup besar.

image

Berikut profil Teten Masduki:

Teten Masduki (lahir di Garut, Jawa Barat, 6 Mei 1963; umur 52 tahun) adalah seorang aktivis Indonesia.

Terlahir dari keluarga petani, masa kecil Teten dihabiskan di Kecamatan Limbangan, Garut, Jawa Barat. setamat dari SMA, ia kuliah di IKIP Bandung, mengambil jurusan kimia. Kesadaran terhadap masalah-masalah sosial sudah tumbuh sejak SMA. Saat kuliah ia sering ikut kelompok diskusi, mempelajari teori-teori dari yang kiri sampai yang kanan. Sekitar 1985, Teten ikut aksi demontrasi membela petani di Garut, yang tanahnya dirampas.

Nama Teten mencuat ketika Indonesia Corruption Watch (ICW), yang dipimpinnya, membongkar kasus suap yang melibatkan Jaksa Agung (saat itu) Andi M. Ghalib pada masa pemerintahan B.J. Habibie. Inilah pertama kalinya dalam sejarah sebuah lembaga seperti ICW bisa memaksa seorang pejabat tinggi negara turun dari jabatannya. Berkat kegigihannya mengungkap kasus tersebut, Teten dianugerahi Suardi Tasrif Award 1999.

Pada tahun 2012 Teten memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur mendampingi Rieke Diah Pitaloka dalam Pilgub Jawa Barat 2013, Pasangan Rieke – Teten yang diberi nama PATEN ini diusung oleh PDI-P dengan nomor urut 5.

Pada tanggal 3 Maret 2013 diumumkan hasil Pilkada Gubernur – Wagub Jawa Barat Pasangan Cagub – Cawagub nomor 5 Rieke-Teten memperoleh peringkat ke 2 dari 5 pasangan calon dengan perolehan suara 5.714.997 suara arau 28,41 persen dari suara sah.

Pada tanggal 2 September 2015, teten terpilih menjadi Kepala Staf Kepresidenan menggantikan Luhut Panjaitan

Dan ini dia penghargaan-penghargaan Teten Masduki:

• Staf peneliti pada Institut Studi dan Informasi Hak Asasi Manusia (1978-1989)

• Kepala Litbang Serikat Buruh Merdeka Setiakawan (1989-1990)
Kepala Divisi Perburuhan Yayasan

• Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI; 1990-2000)

• Koordinator Forum Solidaritas Buruh (1992-1993)

• Koordinator Konsorsium Pembaruan Hukum Perburuhan (1996-1998)

• Ketua Badan Pekerja Indonesia Corruption Watch (1998-2008)

• Anggota Ombudsman Nasional (2000 – sekarang)

• Sekretaris Jenderal Transparency International chapter Indonesia (2009-sekarang)

• Calon Wakil Gubernur Jawa Barat pada tahun 2013

Semoga bermanfaat..