Gambar Meme Penguin Lucu ini ternyata berbuntut kasus di Pengadilan

Alfido.com | Meme – Hai gan.. Pernah liat gambar meme penguin di berbagai situs meme kan? Nah, tersebarnya meme yang dikenal dengan nama “Socially Awkward Penguin” tersebut ternyata berbuntut panjang dan berakhir di pengadilan. Kok bisa?


Ternyata gambar penguin berjalan di gambar tersebut dicomot langsung oleh perusahaan blog digital bernama Get Digital dari sebuah gambar karya George F. Mobley yang merupakan anggota dari perkumpulan Getty Images. Ternyata Get Digital mengambil gambar penguin tersebut tanpa ijin sehingga membuat para perkumpulan Getty Images marah.

image

Akhirnya situs pengumpul gambar “Getty Images” itu pun menuntut Get Digital yang menyebarkan gambar meme “Socially Awkward Penguin” tersebut senilai $ 868 US Dollar atau sekitar Rp 12,2 Juta-an.

Pihak Get Digital pun membayar uang ganti rugi tersebut dan menghapus gambar meme “Socially Awkward Penguin” tersebut dari blognya. Tapi tak sampai disitu, Get Digital yang tidak terima dengan perlakuan Getty Images pun menyerang balik.

Get Digital menyindir Getty Images secara buka-bukaan dengan sebuah gambar meme penguin lainnya yang “menyerang” langsung ke Getty Images. Walaupun berbentuk sindiran, meme tersebut cukup menohok pihak Getty Images. Get Digital menyindir Getty Images yang berlagak seperti preman dengan meminta uang kepada blog-blog yang menyebarkan gambar meme lucu.

image

Hmm.. Kok bisa ya gara-gara gambar malah jadi ribut 🙂

(al)