5 Hal Unik yang Bisa Kita Lakukan di Hari Raya Idul Adha 1436 H

Alfido.com – Hai gan.. Idul Adha beberapa hari lagi akan menyapa kita dengan suasananya yang sangat khas. Jalan-jalan di pelosok kota dan akan dipenuhi para warga dan masyarakat yang sedang melaksanakan Kurban. Ada banyak sapi dan kambing yang terlihat diikat di pinggir jalan menunggu untuk dijual dan disembelih. Beberapa warga juga akan terlihat mengantri menerima daging-daging qurban yang akan dibagikan oleh Panitia.

qurban-1

Tak asik rasanya kalau kita hanya menjadi penonton saja di acara kurban tersebut. Ikut berpartisipasi dalam masyarakat tentunya akan membuat perayahan Hari Idul Adha semakin hidup. Nah, berikut ini ada 5 hal yang bisa kita lakukan saat Idul Qurban tiba:

1. Berdagang Hewan Qurban

Berdagang memang salah satu kegiatan atau pekerjaan yang sangat dianjutkan oleh Rasulullah SAW. Apalagi jika kita berdagang Hewan Qurban yang notabene merupakan salah satu kegiatan yang mendatangkan Pahala. Berdagang hewn Qurban di Kota Besar sat ini dibatasi dengan adanya larangan-larangan berjualan di pinggir Jalan karena bau busuk yang ditimbulkan cukup menyengat. Sebagai gantinya kita bisa menyewa lahan milik orang lain yang cukup luas selama beberapa hari untuk berjualan Qurban. Biasanya lokasi penjualan Hewan Qurban tak akan jauh dari pasar, terutama pasar hewan. Tapi sebagai pedagang yang baik hendaknya kita tetap menjunjung tinggi semangat kejujuran dalam setiap transaksi Jual-Beli yang kita lakukan

2. Menjadi Panitia Qurban

Salah satu hal yang bisa kita lakukan mengisi waktu di Hari Raya Idul Adha tentunya menjadi Panitia Qurban. Jika kita berada dalam suatu desa atau kampung-kampung yang masih memegang erat dan menjunjung tinggi budaya Gotong-Royong tak ada salahnya kita ikut andil menjadi Panitia Qurban. Selain mendapatkan Pahala yang melimpah, kita juga bisa belajar memaknai perayaan Idul Qurban sesuai dengan kisah Nabi yang sering diceritakan oleh para Ulama dan Ustadz di lingkungan kita

3. Ikut Memotong Hewan Qurban

Bagi teman-teman yang tidak takut dengan darah dan ingin mendapatkan pahala di Hari Raya Qurban, coba deh mendaftarkan diri untuk ikut menjadi penyembelih Hewan Qurban di masyarakat. Walaupun kita kadang tidak akan menerima imbalan alias membantu seikhlasnya, paling tidak kita bisa belajar memaknai Hari raya Qurban dengan khusyuk dan mendapat pengalaman spiritual yang sangat berharga. Tentunya ketika menjadi penyembelih hewan Qurban kita harus mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku.

4. Membagikan Daging Qurban kepada warga kurang mampu

Selain menjadi Panitia Qurban, kita bisa ikut membantu membagikan hewan-hewan Qurban tersebut kepada warga yang kurang mampu. Sebenarnya hal ini merupakan kita sebagai seorang muslim untuk melakukannya. Tapi di era modern seperti sekarang ini jarang banget para pemuda yang mau terjun ke Masyarakat dengan membagikan Hewan Qurban

5. Memasak Daging Qurban bersama-sama dengan Warga kurang mampu dan Anak Yatim

Buat kalian yang belum pernah mencoba hal ini sebelumnya, sebaiknya kalian harus segera mencobanya di Hari Raya Qurban nanti. Berbagi dengan warga kurang mampu dan anak yatim dengan memasak bersama akan terasa lebih indah dan menyenangkan. Apalagi [ahala yang akan kita dapat juga akan datang dengan melimpah. Biasanya warga kurang mampu akan kesulitan mengolah daging qurban yang mereka dapat dari Masjid dan Mushola terdekat. Maka dari itu kita bisa mencoba ikut memasakkan makanan bagi mereka yang membutuhkan.

Semoga 5 hal yang bisa kita lakukan saat Idul Adha diatas bisa bermanfat bagi kita semua. Sebagai sesama muslim jangan lupa mengingatkan sanak saudara kita untuk melakukan hal-hal diatas agar suasana Idul Adha atau Idul Qurban menjadi lebih hidup.

 

(al)