Tradisi Unik, Hari Natal di Jepang Dirayakan Dengan Ayam KFC.. Tapi, Kok Gitu?

Alfido.com | Natal – Hai gan.. Hari Natal sebentar lagi segera tiba. Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, Hari Natal di berbagai negara pasti punya ciri khasnya masing-masing. Jika di Amerika dirayakan dengan makan bersama, thanksgiving, dan lain-lain, di Jepang Hari Natal dirayakan dengan makan bareng Ayam Krispy dari KFC dan hal tersebut telah menjadi Tradisi di Jepang selama berpuluh-puluh tahun. Lah, Kok gitu? 😀

 

Ilustrasi Natal by Evacomics

Jika dilihat dari sejarahnya, merk KFC baru masuk ke Jepang sekitar tahun 70an. Saat itu belum ada Tradisi perayaan Natal di Jepang dengan KFC karena masyarakat Jepang mayoritas masih memeluk Agama Shinto. Ketika itu juga KFC sangat susah diterima oleh masyarakat Jepang karena berbeda jauh dengan budaya yang mereka miliki. Karena susah diterima, KFC membuat strategi dengan menggunakan perayaan Natal sebagai Tradisi memakan Ayam KFC bersama keluarga. Efeknya, hingga sekarang para warga Jepang yang beragama Kristen pasti memesan Ayam KFC jauh0jauh hari sebelum perayaan Natal.

Karena saking banyaknya pemesanan, tiap KFC bahkan menerapkan sistem Booking terlebih dahulu untuk masuk ke Outlet mereka. Banyak para Turis yang sebelumnya kebingungan dengan Tradisi unik tersebut. Tapi sebaliknya, masyarakat Jepang juga banyak yang bingung kenapa bangsa lain tidak melakukan hal yang sama 😀 ..

Strategi menerapkan produk dalam Tradisi di Jepang memang sangat lur biasa efeknya. Seperti kita tau, jika sesuatu sudah menjadi Tradisi di Jepang maka selamanya akan terus dilakukan dan akan abadi di Negeri Sakura tersebut. Hal itu tak lepas dari sikap warga Jepang yang sangat menghargai Tradisi dan Budaya turun temurun.

Jadi jangan kaget ketika kita maen ke Jepang saat perayaan Natal semua KFC akan lebih rame dan sibuk dari biasanya 🙂 .. Menurut kalian, strategi KFC ini brilian atau malah kejam? Silakan dikomentari..

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*