Weh-Wehan, Tradisi Unik Maulid Nabi yang Hanya Ada di Kaliwungu, Kendal

Alfido.com | Kendal – Hai gan.. Besok tanggal 24 Desember 2015 kita semua akan merayakan Maulid Nabi secara serentak. Banyak daerah di Indonesia yang mempunyai Tradisi Unik menjelang Maulid Nabi. Salah satunya adalah Kota Santri Kaliwungu yang terletak di Kabupaten Kenda, Jawa Tengah. Tradisi bernama Weh-Wehan sudah mengakar secara turun-temurun di Kaliwungu. Selain Weh-wehan, Lampu Teng-Tengan atau Lampion berbentuk Kapal & Bintang juga menjadi menu wajib menjelang Maulid Nabi Muhammad SAW. 🙂

Sumpil, Makanan Khas Tradisi Weh-Wehan di Kaliwungu. (Sumber: FB Shams’ Khonoshiima)

Makanan Khas Kaliwungu bernama Sumpil juga menjadi menu wajib di setiap Tradisi Weh-Wehan hadir. Selain Sumpil, makanan Tradisional lain seperti Tiwul, Gethuk, Bubur Mote, Lapis, dan lain-lain juga ikut meramaikan. Tapi sayangnya beberapa tahun ini Tradisi Weh-Wehan di Kaliwungu menjadi semakin memudar lantaran banyaknya pendatang yang tidak tahu akan Tradisi tersebut. Beberapa orang juga memasukkan daftar makanan modern seperti roti, permen, dan jajanan perkotaan lain sehingga membuat nuansa Tradisionalnya semakin pudar.

Harusnya Weh-Wehan bisa  menjadi Tradisi Kaliwungu yang mestinya bisa dipromosikan hingga keluar daerah. Sehingga saat Weh-Wehan tiba banyak wisatawan dan turis yang hadir ikut menyaksikan. 🙂 ..

Semoga Tradisi Weh-Wehan di Kota Kaliwungu bisa semakin berkembang dan populer beberapa tahun mendatang. Dan yang paling penting terus dijaga agar tidak sampai pudar ditelan modernisasi jaman.

Berikut beberapa kemeriahan Weh-Wehan di Kaliwungu:

image

image

Semoga bermanfaat.

1 Trackback / Pingback

  1. Weh-Wehan, Tradisi Unik Maulid Nabi yang Hanya Ada di Kaliwungu, Kendal | Kaliwungu.org

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*