Resmi, Mulai Mei 2016 SIM C Tidak Berlaku untuk Semua Tipe Motor

Alfido.com, News – Hai gans.. Peraturan resmi dari Kepolisian akhirnya telah menetapkan bulan Mei 2016 sebagai bulan terakhir penggunaan SIM C (Surat Izin Mengemudi) secara serentak untuk semua tipe motor. Mulai bulan Mei, SIM C hanya bisa digunakan untuk motor tipe tertentu saja.

 

Nantinya SIM C akan dibagi menjadi 3 tipe yaitu SIM C, C1, dan C2. Perbedaan penggunan SIM C tersebut terletak pada kapasitas motor yang akan digunakan. Berikut rincian detailnya:

  • SIM C: Motor Dengan Kapasitas Kurang dari 250cc
  • SIM C1: Motor Dengan Kapasitas 250cc – 500cc
  • SIM C2: Motor Dengan Kapasitas 500cc atau lebih

Jadi kepedannya tiap rider atau pengendara motor tidak asal menggunakan SIM C secara sembarangan. Jika kita punya motor dengan kapasitas mesin 250cc seperti Ninja250, CBR250, maka kita harus mengupgrade SIM kita ke SIM c1. Sedangkan jika kita mempunyai motor dengan kapasitas mesin lebih dari 500cc seperti Kawasaki Er6n, dan sejenisnya maka kita harus membuat SIM C2. Jika kita tidak membuat SIM sesuai kapasitas mesin, maka kita akan dikenai denda tilang dari Polisi.

Selain perubahan SIM C menjadi 3 jenis, Polisi juga mengumumkan kepada pemilik SIM  yang akan habis masa berlakunya untuk memperpanjang SIM mereka masing-masing minimal 14 hari sebelum masa berlaku SIM habis. Jika masuk dalam jangka waktu 14 hari tersebut maka kita harus segera datang ke Polres untuk memperpanjang SIM kita.

Jika SIM kita tidak diperpanjang selama 3 bulan setelah masa berlaku habis maka kita diwajibkan membuat SIM baru lagi seperti saat mendaftar SIM pertama kali.

Semoga bermanfaat. 🙂

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*