Keren, Pembangkit Listrik Tenaga Turbin Denmark Pecahkan Rekor Dunia, Indonesia Kapan?

Alfido.com, Tech – Hai gan.. Berita baik hari ini datang dari Negara Skandinavia Denmark yang telah serius mengembangkan energi terbarukan di Negaranya. Dalam 2 tahun terakhir ini, pasokan listrik Denmark yang berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Turbin (PLTT) berhasil memecahkan rekor dunia berturut-turut dan sukses menghidupi 42% kebutuhan listrik Negara tersebut. 🙂

image
Pembangkit Listrik Tenaga Turbin

Dikutip dari Energinet, pasokan listrik di Denmark tahun 2015 kemarin hampir setengahnya disuplai dari PLTT. Denmark pun sepertinya semakin serius menggarap energi terbarukan miliknya tersebut karena terbukti sukses menciptakan listrik yang tanpa polusi dan tanpa bahan bakar fosil 🙂 ..

Di tahun 2014, Denmark juga memecahkan rekor dunia kebutuhan listrik yang mencapai 39% suplai untuk Negaranya. Usaha Denmark sangat susah untuk dicapain oleh Negara-Negara lain karena banyak yang masih menggunakan bahan bakar Fosil untuk menghasilkan listrik.

Sementara itu di Indonesia, PLTT baru dikembangkan di Ciheras, Tasikmalaya oleh Mas Ricky Elson yang berjuang banting tulang mati-matian dan sering dianggal remeh oleh Pemerintah. Sementara itu proyek lain PLTT berada di daerah Sumbawa dan telah berjalan sukses menghidupi desa-desa kecil di Propinsi tersebut.

Padahal jika dilihat secara geografis, Indonesia merupakan Negara dengan jumlah pasokan Angin cukup tinggi. Panas Matahari pun melimpah di Negara kita yang seharusnya mampu kita ubah menjadi listrik lewat Panel Surya. Jika kita mau berubah, tentu harga listrik di Tanah Air kita bisa semakin murah.

Jadi, kapan kita akan berbenah? 🙂 Gimana menurut kalian gans?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*