Lubang Sinkhole Tiba-Tiba Muncul di Kendal, Jawa Tengah

Alfido.com, News – Hai gan, sebuah lubang “Sinkhole” tiba-tiba muncul di tengah jalan di daerah Weleri-Sukorejo, Kendal. Sinkhole yang memiliki lebar lebih dari 1 meter itu membuat jalanan macet dan tidak bisa dilalui truk dan bis. Kedalamannya pun diperkirakan mencapai 2 meter.

image

Fenomena alam Sinkhole sebenarnya telah terjadi di banyak tempat. Jogjakarta menjadi salah satu daerah yang sering terjadi Sinkhole baik di pinggiran kota maupun di pusat kotanya.

Sinkhole sendiri terjadi akibat berkurangnya air tanah dan aliran hujan yang memasuki pori-pori tanah tersebut yang membuat kondisi tanah menjadi tidak stabil dan tiba-tiba ambles seketika.

Sinkhole juga berkaitan dengan penggunaan air tanah yang berlebihan di sekitar lokasi terjadinya sinkhole. Kejadiannya pun tidak bisa diprediksi karena lapisan tanah yang akan mengalami sinkhole seringkali terlihat normal pada umumnya.

image

Saat ing jalur Weleri-Sukorejo harus menggunakan proses buka tutup karena keberadaan Sinkhole tersebut. Semoga tidak ada Sinkhole susulan yang terjadi kedepannya. Amin..

sumber: Grup Facebook Kabupaten Kendal

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*