Apa itu Festival Holi? Ini Dia Penjelasannya

Alfido.com – Hai gan, pagi ini Google kembali membuat Doodle baru di halaman depannya. Lewat sebuah animasi yang apik, hari ini Google merayakan sebuah perayaan spesial bernama “Festival Holi”. Apa itu Festival Holi? yuk kita baca sama-sama penjelasannya.. 🙂

image
Festival Holi merupakan sebuah acara perayaan yang ada di negara-negara yang mayoritas masyarakatnya menganut agama hindu. Festival tersebut dilakukan di India, Bangladesh, Afrika Selatan, Suriname, dan negara-negara Hindu lainnya. Dan di era modern ini Festival Holi sering disamakan dengan Festival Color Run (Festival lari dengan bubuk berwarna) karena di dalam Festival Holi sendiri, masyarakat diwajibkan saling melempar berbagai warna ke udara sebagai bentuk persembahan.

Dikutip dari Wikipedia, Festival Holi disebut juga dengan nama Dolyatra (Doul Jatra) atau Basanta-Utsab (festival musim semi). Festival ini dirayakan tepat di akhir musim dingin dan tepat di awal musim semi. Saat ini Festival Holi telah dimodernkan dengan nama Festival Color Run yang juga sempat menjadi trend di Indonesia beberapa waktu yang lalu.

Festival Holi

Festival Color Run yang terinspirasi dari Festival Holi juga mewajibkan para peserta menaburkan bubuk warna-warni ke udara sehingga warna badan mereka menjadi beraneka rupa. Tapi sebaiknya para peserta harus berhati-hati karena debu berwarna tersebut rentan terhidup kedalam paru-paru dan membuat sesak pernafasan.

Nah, buat temen-temen yang kebetulan berkunjung ke India atau negara penganut agama Hindu lainnya, coba deh abadikan momen Festival Holi yang cuma terjadi setahun sekali tersebut 🙂

sumber: Wikipedia

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*