Jane Jacobs Sang Pahlawan Anti Penggusuran Masuk Google Doodle

Jane Jacobs

Alfido.com – Hai gan, Google Doodle hari ini kembali menampilkan penampakan seorang Tokoh Terkenal yang berasal dari Amerika Serikat. Mungkin tokoh kali ini akan mengingatkan kita dengan Pemerintah Jakarta yang sering banget menggusur warganya sendiri. Tokoh tersebut adalah Jane Jacobs yang merupakan salah satu aktivis wanita paling dihormati di New York lantaran memperjuangkan desanya dari ancaman penggusuran para Kapitalis.

Jane Jacobs

Jane Jacobs sangat dikenal di daerah Greenvillage, Manhattan, New York City. Jasa Jane Jacobs memperjuangkan warga GreenVillage akhirnya berhasil memukul mundur serangan Kontraktor bernama Robert Moses yang ingin menguasai daerah Green Village tersebut. Moses lewat perusahaannya ingin mendirikan sebuah Jalan Tol raksasa bernama Lower Manhattan Expressway (LOMEX) dan juga proyek perluasan Universitas New York. Penentangan Jane Jacobs sangat beralasan kuat karena efek dari penggusuran dan pengalihan Desa menjadi jalan tol tersebut membuat banyak warga Green Village menjadi hidup terlantar.

Jane berhasil membela warga Green Village di era tahun 50 hingga 60an. Tapi sayangnya pada suatu ketika Jane Jacobs harus masuk ke penjara lantaran dituduh menghasut masyarakat untuk berbuat rusuh dan menyerang para kontraktor. Padahal Jane hanya ingin warga Green Village bisa hidup tenang tanpa gangguan apapun.

Jane Jacobs

Atas jasanya yang begitu besar, Google pun menampilkan animasi wajah Mrs. Jacobs di halaman depan Google.com pagi ini agar seluruh dunia bisa tahu perjuangan melawan Kapitalisme di dunia ini belumlah usai.

🙂

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*