1 Juni Akan Ditetapkan Sebagai Hari Lahir Pancasila dan Libur Nasional

Alfido.com – Hai gan, Pemerintah sepertinya akan mengambil langkah besar di tanggal 1 Juni 2016 nanti. Rencananya, Joko Widodo akan meresmikan Hari Lahir Pancasila di tanggal 1 Juni dan juga ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional. Penetapan ini merupakan desakan dari berbagai pihak seperti Megawati Soekarnoputri dan dari Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama serta beberapa fakta sejarah.

Hari Lahir Pancasila

Sebelumnya Hari Lahir Pancasila di tanggal 1 Juni belum pernah dirayakan sebagai hari libur nasional dan justru Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober tiap tahunnya. Jika tanggal 1 Juni nanti ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional, maka secara otomatis jumlah Hari Libur di Indonesia akan semakin banyak. Apalagi di awal bulan nanti Bulan Ramadhan akan hadir sekitar tanggal 5-6 Juni yang otomatis juga akan membuat beberapa pekerja kantoran memilih cuti di hari kecepit Kamis dan Jum’at.

Penetapan Hari Libur Nasional di tanggal 1 Juni nanti tentu wajib diisi dengan hal-hal yang berbau Pancasila seperti Upacara Bendera, dan beberaoa kegiatan lain agar kita tidak lupa makna Pancasila yang sebenarnya.

Dulu ketika jaman order baru, tanggal 1 Juni dilarang untuk merayakan Hari Lahir Pancasila atas beberapa alasan tertentu. Tapi kini setelah berganti era, 1 Juni akan ditetapkan secara resmi sebagai Hari Lahir Pancasila secara nasional 🙂

Jadi, apa yang mau kalian lakuin di tanggal 1 Juni nanti gan? Monggo dikomentarin

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*