Cara Bayar Pajak Motor 5 Tahunan (Ganti Plat) Dengan Cepat

Cara Bayar Pajak Motor

Alfido.com – Hai gan, udah lama banget kita nggak berjumpa sejak awal Agustus lalu. Maaf banget karena sebulan ini admin sibuk di dunia offline dan belum sempet posting. Tapi insya Allah mulai hari ini kita akan kembali hadir dengan artikel-artikel yang lebih fresh dan seger buat temen-temen semua 🙂 .

Di akhir Agustus 2016 lalu admin berkesempatan untuk memperpanjang Pajak Motor Lima Tahunan atau Ganti Plat Nomer. Rencananya sih pengen diperpanjang di awal agustus namun apa adanya uangnya baru ada di akhir bulan. hehehe..

Pajak Si Gembul (Honda Spacy) sudah memasuki usianya yang ke-5 sejak dipinang di tahun 2011 lalu. Karena baru pertama kali mengalami perpanjangan 5 tahunan akhirnya Admin sekalian bikin artikel buat temen-temen semua agar semakin mudah saat memperpanjang Pajaknya nanti.

Cara Bayar Pajak Motor 5 tahunan sebenarnya sangat mudah dan nggak bertele-tele, tapi tergantung juga dari petugas SAMSAT tempat kita membayar pajak. Di beberapa kota besar di Indonesia sistem Pungli masih menjamur dan seakan-akan menjadi hal lumrah.

Kebetulan SAMSAT yang admin datangi adalah SAMSAT Online yang bertempat di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah tempat tinggal admin saat ini.

Syarat-syarat yang wajib kita bawa dalam memperpanjang pajak 5 tahunan motor kita antara lain:

  1. Fotokopi KTP dan KTP Asli
  2. Fotokopi STNK dan STNK Asli
  3. Fotokopi BPKB
  4. Motor Wajib dibawa

Berikut Cara Bayar Pajak Motor 5 Tahunan (Ganti Plat) dengan cepat dari Alfido.com:

  1. Kita datang ke Kantor SAMSAT Online tempat dimana kita akan membayar pajak 5 tahunan kita.Cara Bayar Pajak Motor
  2. Masuk ke Area Cek Fisik agar sang Petugas bisa menggosok Nomer Rangka Motor kita sebagai data identitas motor kita sebenarnya. (Disini GRATIS dan tidak ada penarikan uang sama sekali)Cara Bayar Pajak Motor
  3. Masuk ke Loket Fotokopi untuk membeli Stopmap dan memfotokopi KTP serta STNK. (Karena Admin sudah memfotokopi sendiri KTP dann STNK-nya maka disini cuma dimintai Rp 1000 untuk Stopmap.. Jadi Total uang yang keluar Rp 2000 + Rp 1000 = Rp 3000)Cara Bayar Pajak Motor
  4. Masuk ke Loket Formulir SPOPD untuk menyerahkan data kita. (Disini saya dimintai uang Rp 5000 dan diberi semacam kupon keikhlasan untuk menyumbang ke PMI yang agak nggak jelas asal muasalnya 😀 ternyata ada penarikan uang DANA PMI yang dimulai dari tanggal 20 Juli 2016 sampai 20 Oktober 2016 dan semua instansi memang ditarikin Rp 5.000 .. Makasih buat Mas Rafly Wibisono di facebook untuk koreksinya )Cara Bayar Pajak Motor
  5. Masuk ke Loket Registrasi Cek Fisik untuk memvalidasi data kita. (Gratis tidak ditarik dana apapun)
  6. Masuk ke Gedung Area Pendaftaran:
    – Loket 1: Kita menyerahkan berkas dan akan mendapatkan nomer antrian

    Cara Bayar Pajak Motor
    Cara Bayar Pajak Motor Loket 1

    – Loket 2: Kita membayar jumlah uang Pajak Motor kita dan kita akan mendapatkan STNK separo alias belum full (Total uang yang dibayarkan oleh Admin untuk Pajak Honda Spacy adalah Rp 299.000 sudah termasuk denda Rp 35 ribuan 😀 )

    Cara Bayar Pajak Motor
    Loket 2

    – Loket 3: Kita mengambil STNK full kita yang berisi data lengkap pembayaran

    Cara Bayar Pajak Motor
    Loket 3
  7. Saatnya mengambil Plat Nomer Baru kita.
    – Tapi sayangnya PLAT NOMER baru kita habis dan wajib menunggu 6 bulan lagi untuk mendapatkan plat baru 🙁 .. Kita akan diberi cap berupa informasi Plat Habis pada STNK kita.

    Cara Bayar Pajak Motor
    Plat Nomor Habis

    Cara Bayar Pajak Motor

  8. Dan selesai. Kita tinggal bayar Parkir Rp 1000 untuk keluar dari Kantor SAMSAT.Cara Bayar Pajak Motor

Total Biaya yang keluar:

  • Pajak Motor: Rp 299.000
  • Fotokopi: Rp 3.000
  • Kupon PMI: Rp 5.000
  • Bayar Parkir: Rp 1.000
  • TOTAL: Rp. 308.000

Semuanya admin lakukan dalam waktu kurang lebih 30 menit. Agak lama karena sambil mengambil foto untuk data artikel ini.

Nah, itu dia Cara Bayar Pajak Motor 5 tahunan (Ganti Plat) dengan cepat dan mudah. Semoga bermanfaat ya gan..

 

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*