Ashanty Terkena Penyakit Autoimun, Berbahayakah ?

Kabar di dunia selebritis Indonesia sedang ramai mengenai berita terbaru dari artis Ashanty. Ashanty dikabarkan mengidap penyakit Autoimun. Berita terbaru yang ada di Vidio.com mengenai Ashanty sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Tidak sedikit warganet yang ramai-ramai memberikan doa dan dukungan untuk istri Anang Hermansyah ini. Sebelumnya, beberapa tahun yang lalu, Ashanty juga pernah diberitakan mengidap penyakit meningitis yang tergolong penyakit berbahaya.

Ashanty sempat beberapa hari dirawat di Rumah Sakit. Kesedihan pun tidak kuasa dibendung oleh ibu sambung dari Aurel dan Azriel ini. Autoimun juga merupakan penyakit yang cukup berbahaya, karena penyakit ini bisa merusak sistem kekebalan tubuh dengan sendirinya. Autoimun juga menyerang organ tubuh bervariasi, sehingga setiap penderita Autoimun berbeda-beda gejala dan dampaknya. Bahkan sampai saat ini ada 80 jenis penyakit Autoimun yang ada di dunia. Berikut ini adalah beberapa contoh dari panyakit Autoimun yang sering ditemui di masyarakat:

  • Diabetes Mellitus  tipe 1

Pada penyakit ini, sistem kekebalan akan menyerang dan menghancurkan sel-sel yang memproduksi insulin di pankreas. Sementara itu, Pankreas sendiri adalah penghasil hormon insulin yang berfungsi mengatur kadar gula darah. Karena sistem kekebalan merusak hormon insulin, oleh karena itu gula darah menjadi tidak terkontrol dan bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah, serta organ tubuh penting lainnya seperti jantung, ginjal, mata dan saraf.

  • Rheumatoid Arthritis (RA)

Pada penyakit Autoimun ini, sistem kekebalan menyerang sendi. Berbeda dengan penyakit Osteoartritis yang biasa menyerang Lansia, RA bisa menyerang penderita usia dibawah 30 tahun. Gejala yang ditimbulkan adalah adanya ruam merah, nyeri dan persendian menjadi kaku.

  • Psoriasis

Pada umumnya sel-sel kulit akan berkembang dan tumbuh kemudian akan luruh jika mereka sudah tidak dibutuhkan lagi, yang biasa dikenal dengan sel kulit mati. Namun apabila pertumbuhan kulit terjadi begitu cepat, sehingga sel-sel kulit berlebih dan menumpuk menyebabkan bercak merah yang meradang. Hal tersebutlah yang terjadi pada penderita Psoriasis.

  • Multiple Sclerosis

Penyakit ini merusak selubung Mielin, yaitu lapisan pelindung yang mengelilingi sel-sel saraf pada sel saraf pusat manusia. Kerusanakan pada selubung Mielin ini mengakibatkan lambatnya pemgiriman pesan antara otak dan sumsum tulang belakang ke dan dari seluruh tubuh manusia. Kerusakan ini menyebabkan manusia mati rasa, lemah, gangguan keseimbangan, dan kesulitan berjalan.

  • Penyakit Radang Usus (Inflammatory Bowel Disease)

Inflammatory Bowel Disease adalah sebuah kondisi dimana terdapat peradangan pada lapisan dinding usus. Setiap jenis IBD dapat menyerang bagian sistem saluran cerna yang berbeda-beda.

  • Penyakit Addison

Penyakit ini mempengaruhi kelenjar adrenal yang menghasilkan hormon kortisol dan aldesteron dan juga hormon androgen. Kekurangan Kortisol dapat memengaruhi cara tubuh dalam menggunakan dan menyimpan karbohidrat dan glukosa. Sedangkan kekurangan aldesteron menyebabkan hilangnya natrium dan kelebihan kalium dalam aliran darah. Gejala-gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah lemah, lesu, lelah, penurunan berat badan, dan kadar gula darah dalam tubuh rendah.

Meskipun belum diketahui penyakit Autoimun seperti apa yang diderita oleh Ashanty, namun penyakit ini tetaplah mengkhawatirkan. Penanganan lebih dini nampaknya menjadi jalan terbaik untuk proses pengobatan penyakit Autoimun.

Simak terus berita terbaru mengenai penyakit Ashanty melalui Vidio.com. Disana kamu bisa melihat berita-berita terbaru dari dunia politik, ekonomi, dan juga selebritis di Indonesia. Jangan lupa install aplikasi Vidio.com di gadget kamu, atau kamu juga bisa kunjungi websitenya di Vidio.com

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*