5 Cara Untuk Menjaga Kesehatan

Health food for fitness concept with fresh fruit, vegetables, pulses, herbs, spices, nuts, grains and pulses. High in anthocyanins, antioxidants,smart carbohydrates, omega 3 fatty acids, minerals and vitamins.

Banyak faktor yang berperan menjaga kesehatan. Sebab, kesehatan yang baik dapat mengurangi risiko anda untuk memiliki kondisi dan penyakit tertentu. Hal itu termasuk penyakit jantung, stroke,kanker, dan cedera. Pelajari cara menjaga kesehatan berikut ini :

Cara Untuk Tetap Menjaga Kesehatan

  • Makan makanan yang sehat
    Apa yang anda makan sangat terkait erat dengan kesehatan Anda. Nutrisi yang seimbang memiliki banyak manfaat. Dengan memilih makanan yang lebih sehat, anda dapat mencegah atau mengobati beberapa kondisi. Ini termasuk penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Diet sehat juga dapat membantu anda menurunkan berat badan dan menurunkan kolesterol.

  • Olahraga yang teratur
    Olahraga yang rutin dapat membantu mencegah penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker usus besar. Ini dapat membantu mengobati depresi, osteoporosis, dan tekanan darah tinggi. Orang yang berolahraga juga jarang mengalami cedera. Olahraga rutin dapat membuat Anda merasa lebih baik dan mengendalikan berat badan. Cobalah untuk aktif selama 30 hingga 60 menit sekitar 5 kali seminggu. Ingat, jumlah olahraga apa pun lebih baik daripada tidak sama sekali.

  • Diet
    Memiliki berat badan yang berlebihan meningkatkan risiko untuk beberapa kondisi kesehatan. Ini termasuk, tekanan darah tinggi, Kolesterol Tinggi, diabetes tipe 2, penyakit jantung,kanker dan penyakit kantong empedu. Kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan cedera terkait faktor berat badan. Masalah umum yang sering terjadi adalah radang sendi yang menahan beban, seperti tulang belakang, pinggul, atau lutut.
  • Lindungi Kulit

Paparan sinar matahari terkait dengan kanker kulit. Ini adalah jenis kanker yang paling umum. Alangkah baiknya untuk membatasi waktu di bawah teriknya sinar matahari. Pastikan untuk mengenakan pakaian pelindung dan topi saat anda berada di luar. Gunakan tabir surya sepanjang tahun pada kulit yang terbuka, seperti wajah dan tangan anda. Ini melindungi kulit anda dan membantu mencegah kanker kulit. Pilih tabir surya spektrum luas yang menghalangi sinar UVA dan UVB. Setidaknya harus SPF 15. Jangan berjemur atau menggunakan stan penyamakan kulit.

  • Jangan Merokok

Merokok dan penggunaan tembakau adalah kebiasaan yang berbahaya. Hal tersebut dapat menyebabkan penyakit jantung dan mulut, tenggorokan, atau kanker paru-paru. Mereka juga merupakan faktor utama emfisema dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Semakin cepat anda berhenti maka semakin baik.

 

 

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan agar tubuh tetap sehat

Selain faktor yang di atas, anda harus menyediakan waktu untuk kesehatan seluruh tubuh. Kunjungi dokter anda untuk pemeriksaan rutin. Ini termasuk dokter utama anda, serta dokter gigi dan dokter mata. Pastikan Anda tahu apa yang termasuk dalam rencana asuransi kesehatan anda. Perawatan pencegahan dapat mendeteksi penyakit atau mencegah penyakit sebelum mereka mulai membebani hidup anda. Hal ini termasuk kunjungan dan pemeriksaan dokter tertentu.

Bagi wanita, anda perlu menyediakan waktu untuk kesehatan payudara. Kanker payudara adalah penyebab utama kematian bagi wanita. Pria juga bisa terkena kanker payudara. Bicaralah dengan dokter anda tentang kapan anda harus mulai mendapatkan mammogram. Anda mungkin perlu memulai pemeriksaan lebih awal jika anda memiliki faktor risiko, seperti riwayat keluarga. Salah satu cara untuk mendeteksi kanker payudara adalah dengan melakukan pemeriksaan mandiri bulanan.

Wanita juga harus mendapatkan pap smear secara rutin. Wanita berusia 21 hingga 65 tahun harus dites setiap 3 tahun. Ini mungkin berbeda jika anda memiliki kondisi tertentu atau leher rahim anda diangkat.

Tanyakan kepada dokter Anda tentang pemeriksaan kanker lainnya. Teruntuk orang dewasa harus diskrining untuk kanker kolorektal mulai dari usia 50. Dokter anda mungkin ingin memeriksa jenis kanker lainnya, tergantung pada faktor risiko dan riwayat keluarga anda.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*