Daihatsu Terios Tetap Tangguh di Tengah Persaingan Pasar SUV

Daihatsu Terios terbaru memasuki segmen Low SUV yang juga bersaing dengan kembarannya, Toyota All New Rush.

Mesin yang digunakan oleh All New Terios persis sama dengan yang digunakan oleh All New Rush, berkode 2NR-VE 4 silinder segaris DOHC dengan teknologi Dual VVT-i. Kapasitas mesin, 1.496 cc dengan daya maksimum 102,6 hp pada 6.000 rpm dan torsi 13,9 Nm pada 4.200 rpm.

Daihatsu Terios baru memiliki dua tipe dengan transmisi berbeda. Pesaing dari All New Terios selain kembar mereka sendiri, ada juga Honda BR-V, Mitsubishi Xpander Cross juga

Tersedia dua opsi transmisi, sehingga mempengaruhi harga All New Daihatsu Terios, yaitu manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

Daihatsu Terios Banyak Bersaing

Bentangan pasar SUV memang cukup tinggi. Banyak pabrikan terkenal telah meluncurkan SUV dengan spesifikasi tangguh. Ini membuat pasar SUV Indonesia semakin panas.

Pabrikan Daihatsu juga telah merilis generasi baru Daihatsu Terios yang telah dirubah di setiap sisi. Kehadiran Daihatsu Terios ini sudah pasti untuk menjawab tantangan yang ada di segmen SUV.

Apalagi sudah ada Mitsubishi Xpander dengan DNA SUV. Meski mobil yang satu ini ada di segmen MPV, nyatanya bentuk Xpander menyerupai SUV. Kondisi ini membuat banyak konsumen SUV beralih ke Xpander, karena kombinasi antara SUV dan MPV sangat kental di dalam mobil ini.

Namun karakter sebenarnya dan DNA SUV tidak dapat digantikan oleh mobil MPV. Seperti halnya Daihatsu Terios terbaru yang memiliki fitur canggih dan desain khas mobil SUV. Bahkan Terios SUV cukup laris di pasaran.

Desain Daihatsu Terios

Berbicara eksterior Daihatsu Terios cukup pantas dihargai karena mobil ini telah dirancang seperti SUV saat ini. Tampak pada bagian depan dan belakang dari Daihatsu Terios, sisi depan sudah menggunakan lampu LED yang dirancang sangat mirip dengan Honda CR-V. Sementara sisi belakang juga sudah menggunakan lampu LED dan desainnya cukup mirip dengan Honda Mobilio.

Bentuk gaya crossover cukup jelas terlihat pada desain baru Daihatsu Terios. Karena ini dipengaruhi oleh desain yang lebih dinamis dan tidak adanya ban cadangan di bagian belakang.

Jika dilihat secara garis besar desain Daihatsu Terios memang hampir sama dengan Toyota Rush. Mungkin bisa dibilang kedua mobil ini adalah saudara kembar. Dan desain ini sangat berbeda dengan desain generasi sebelumnya.

Yang membedakan Toyota Rush pada desain yang mencolok hanya di bagian tengah bodi. Ini ditandai dengan kehadiran warna hitam di bagian tengah tubuh.

Mesin Daihatsu Terios

Disebut juga SUV, mesin yang diusung cukup bertenaga. Daihatsu Terios memakai mesin dengan tipe 2NR VE – DOHC Dual VVTI. Sedangkan kapasitas silinder Daihatsu Terios adalah 1.496cc.

Mesin Daihatsu Terios ini dapat membawa Daihatsu Terios ke performa maksimal 104 Ps pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 13,9 kgm pada 4.200 rpm. Meski begitu Daihatsu Terios tetap hemat bahan bakar. Ini karena Daihatsu Terios sudah memiliki sistem bahan bakar EFI (Electronic Fuel Injection) dan kapasitas bahan bakar 45 liter.

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*