7 Hal Unik yang Bisa Dilihat Dari Daur Hidup Katak

Dikenal sebagai salah satu hewan yang unik, katak memiliki siklus daur hidup yang tidak biasa. Jadi tidak mengherankan jika hewan yang satu ini selalu menarik untuk dipelajari.

Pada dasarnya, katak juga mengalami perubahan bentuk fisik yang cukup banyak selama fase hidupnya. Hal ini bisa dilhat dari metamorfosis yang dialami katak sejak masih dalam bentuk telur hingga menjadi katak dewasa.

Mengalami banyak perubahan bentuk fisik

Di dalam daur hidup katak, perubahan bentuk fisiknya memang terbilang tidak biasa. Hal inilah yang membedakan katak dengan hewan kebanyakan. Selain itu, ada banyak hal menarik lainnya yang bisa ditemukan pada hewan yang satu ini.

Berikut ini adalah beberapa hal unik yang bisa ditemukan dalam daur hidup katak:

  1. Mengalami metamorfosis

Dalam pertumbuhannya, katak mengalami proses metamorforsis yang memungkinkan terjadinya banyak perubahan unik di dalam tubuhnya. Ini merupakan salah satu hal yang paling menarik dari katak.

Pada fase ini katak akan mengalami perubahan bentuk fisik yang terbilang cepat. Namun dari fase anak katak menjadi katak dewasa, dibutuhkan waktu sekitar 2-4 tahun lamanya.

  1. Hidup di dua alam sekaligus

Hewan yang satu ini termasuk dalam kategori hewan amfibi. Artinya, katak bisa hidup di 2 alam yang berbeda sekaligus, yakni di daratan dan juga di dalam air.

Hal ini bisa terjadi karena pada dasarnya di dalam fase daur hidup katak, katak memiliki insang dan juga paru-paru yang memungkinkan mereka hidup di air dan juga di daratan.

  1. Terlihat seperti ikan

Saat menjadi berudu, hewan yang satu ini juga memiliki bentuk tubuh yang sangat unik dan berbeda dari katak pada umumnya. Alih-alih seperti katak, berudu ini justru lebih mirip dengan seekor ikan yang sedang berenang di dalam air.

Couleur

  1. Memiliki insang

Setelah menetas dari telur menjadi berudu, katak masih akan hidup di dalam air saja dan tidak bisa hidup di daratan sebagaimana katak pada umumnya.

Pada fase ini katak hanya memiliki insang saja sebagai alat pernapasan. Hal inilah yang membuat mereka harus hidup di dalam air, sebagaimana layaknya seekor ikan yang bernapas menggunakan insang.

  1. Memiliki paru-paru

Saat akan mengakhiri fase hidup sebagai berudu, katak pada umumnya sudah memiliki paru-paru. Paru-paru inilah yang akan memungkinkan katak bisa hidup di daratan.

Biasanya katak kecil yang sudah memiliki paru-paru akan melompat ke daratan dan memulai hidup mereka sebagai binatang lainnya. Dalam fase ini, katak sudah mulai memakan serangga dan tak lagi memakan tanaman di sekitarnya.

  1. Makan dari ekornya

Saat masih menjadi berudu, katak akan memiliki ekor yang cukup panjang, di mana ekor ini tidak lagi ditemukan pada katak dewasa.

Ekor berudu merupakan kumpulan nutrisi yang bisa dimakan oleh berudu selama metamorfosis, sehingga secara umum berudu ini memang tidak membutuhkan makanan selama proses tersebut.

  1. Tidak memiliki ekor

Saat memasuki fase daur hidup katak dewasa, ekor katak sudah hilang sepenuhnya dan tidak terlihat lagi.

Perubahan fisik katak begitu banyak dan cepat

Di dalam fase hidupnya, katak menjadi salah satu hewan yang mengalami banyak perubahan, bahkan dalam bentuk yang sama sekali berbeda.

Perubahan fisik pada hewan yang satu ini juga terbilang begitu cepat, sehingga daur hidupnya bisa berlangsung cepat juga.

<<<<>>>> 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*