Aneka Masakan Ayam Yang Lezat

Masakan ayam menjadi masakan yang paling banyak dibuat di rumah atau warung makan. Ayam menjadi bahan yang orang banyak mau makan. Berbeda dengan ikan, terkadang orang tidak mau karena amis. Meskipun gizinya memang lebih banyak ikan. Tetapi ayam juga memiliki gizi dan protein yang bisa membuat tubuh sehat, tentunya piilih ayam yang sehat. Untuk masakan olahan ayam sendiri bisa disesuaikan dengan kesukaan orang rumah. Masakan ayam yang pedas atau manis bisa dibuat dengan mudah. Masakan ayam pedas manis juga bisa dibuat dengan mudah. Seperti aneka masakan ayam yang lezat di bawah ini.

  1. Ayam Bakar Kecap
Ayam Bakar Kecap (asmablogku)

Resep masakan ayam yang pertama membuat ayam bakar kecap. Ayam bakar kecap pasti akan disukai oleh anak-anak atau orang dewasa. Bahan yang harus disiapkan untuk membuat ayam bakar kecap adalah 1 kg ayam, kecap manis dan bumbu ungkepnya. Untuk bumbu ungkep siapkan kunyit 1 kelingking besarnya, bawang putih 4 siung, bawang merah 4 siung, kemiri 3 buah, merica sedikit, ketumbar 1 sendok makan, sereh 2 batang, laos 2 ruas jari dan jahe 1 ruas jahe.

Cara memasaka ayam bakar kecap tidak sulit. Anda cukup menghaluskan semua bumbu ungkepnya dengan diblender halus. Tumis dengan sedikit minyak bumbu ungkepnya. Setelah itu masukkan ayam dan tambahkan air. Ungkep atau masak hingga matang. Jangan lupa ditambahkan garam. Sudah diungkep ayamnya, angkat dan berikan kecap manis. Kecap manisnya dibalurkan ke semua ayamnya. Jika sudah panggang ayamnya. Anda bisa memanggang ayam dengan oven atau juga panggangan Teflon. Jika punya alat panggang dengan areng akan lebih bagus karena akan beraroma.

  1. Ayam Goreng Telur

Sajian yang satu ini mudah sekali dan bisa jadi pilihan jika bosan dengan masakan ayam lainnya. Siapkan telur ayam 3 butir, ayam 1kg, dan bumbu kuning. Bumbu kuningnya adalah bawang putih 6 siung, kunyit 2 ruas jari, ketumbar 1 sendok teh dan merica 1 sendok the.

Masak dahulu ayamnya dengan bumbu kuning. Bahan untuk membuat bumbu kuningnya dihaluskan dan setelah itu tumis sebentar. Baru setelahnya dimasukkan ke rebusan ayamnya. Jika sudah angkat dan tiriskan. Sekarang telur dikocok hingga tercampur semuanya. Siapkan minyak goreng dan ayamnya dicelupkan pada telur satu persatu, kemudian goreng ayamnya hingga matang.

  1. Ayam Krispi Asam Manis

Pasti anda pernah memakan sajian yang satu ini. Biasanya ayam krispi asam manis ini ada di berbagai acara pesta. Bahan-bahan yang disiapkan anda tepung bumbu krispi 2 sachet. Siapkan dada ayam 500 gram, saus sambal, saus tomat, dan bawang Bombay 1 siung. Jangan lupa kaldu jamur, gula apsir 1 sendok makan dan garam.

Pertama-tama, kupas bawang bombaynya. Setelah dikupad dan diiris dan kemudian sisihkan. Dada ayam yang sudah dicuci, dipotong dadu. Jika sudah dipotong dadu, masukkan ke adonan tepung basah, setelah itu masukkan ke adonan tepung bumbu krispi yang kering. Goreng ayamnya hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan dahulu. Sekarang kita buat saus asam manisnya, tumis bawang Bombay dan masukkan semua sausnya dengan perbandingan sesuai selera. Jika suka pedas, saus sambal lebih banyak. Tambahkan air dan beri garam, kaldu jamur dan gula pasir. Diaduk bumbu asam manisnya. Setelah itu cemplungkan ayam krispinya setelah mengental.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*