Berikut Kumpulan Doa Sehari-hari Sesuai Sunnah, Simak!

Doa adalah salah satu aktivitas kita untuk berkomunikasi dengan Allah SWT, doa juga bermacam-macam. Bisa berupa harapan, permintaan, dan pengampunan. Sejak kecil kita sebagai orang yang memeluk Agama Islam tentu sudah diajarkan beberapa do’a sehari-hari seperti doa sebelum tidur, doa sebelum dan sesudah makan, doa masuk kamar mandi dan masih banyak lagi.

Namun karena seiring dengan bertambah usia kita sudah lupa doa-doa tersebut, wajar saja karena kita lalai. Maka dari itu kali ini kami akan memberikan informasi menarik seputar kumpulan doa sehari-hari sesuai Sunnah. Penasaran seperti apa? simak ulasannya sebagai berikut.

1.Doa Sebelum dan Sesudah makan

Sebelum makan jangan lupa membaca do’a agar makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi berkah, begitulah kira-kira orang tua kita memberi tahu. Nah berikut ini doa sebelum dan sesudah makan.

Doa sebelum makan:

Alloohumma barik lanaa fiimaa razatanaa waqinaa ‘adzaa bannar”

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka”

Doa sesudah makan:

“Alhamdu lillaahil ladzii ath’amanaa wa saqoonaa wa ja’alnaa muslimiin”

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam”

2.Doa Sebelum dan Sesudah Tidur

Sebelum tidur hendaknya kita berwudhu terlebih dahulu agar kita tetap dalam keadaan suci. Setelah itu baru kita membaca doa. Nah berikut ini doa sebelum dan sesudah tidur.

Doa sebelum tidur:

“Bismikallohumma ahya wa amuutu”

Artinya: “Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, aku hidup dan aku mati”.

Doa sesudah tidur:

“Alhamdu lillahil ladzii ahyaanaa ba’da maa amaa tanaa wa ilahin nusyuuru”

Artinya : “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati (membangunkan dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan”

3.Doa Saat Bercermin

Ketika kita hendak bercermin kita lupa atau bahkan tidak tahu bahwa kita harus membaca doa terlebih dahulu agar tetap bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Allah SWT. Nah berikut adalah doa saat bercermin.

“Alhamdulillaahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii.”

Artinya: “Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku.”

4.Doa masuk dan Keluar rumah

Jika bercermin saja kita dianjurkan untuk membaca doa, apalagi ketika kita keluar rumah. Sebab, diluar rumah kita akan melakukan berbagai aktivitas. Nah berikut ini doa masuk dan keluar rumah.

Doa masuk rumah:

“Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa’alallohi robbina tawakkalnaa.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal.”

Doa keluar rumah:

“Bismillahi, tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah.”

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

5.Doa Ketika Wudhu

“Nawaitul whudu-a lirof’il hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta’aalaa.”

Artinya: “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardhu (wajib) karena Allah ta’ala.”

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar kumpulan doa sehari-hari sesuai Sunnah. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan, terimakasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*